Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Melalui e-CRM Terhadap Pariwisata
Abstract
Tidak diragukan lagi bahwa saat ini banyak organisasi dan perusahaan dan bahkan instansi pemerintah di dunia beralih ke CRM. CRM sekarang mempelopori keberlanjutan produktivitas organisasi, perusahaan, serta institusi terkait yang berhubungan langsung dengan pelanggannya. Di era ini, banyak CRM beralih ke e-CRM. Ini karena tingginya permintaan teknologi yang digunakan kalangan masyarakat modern. E-CRM atau perpanjangan manajemen hubungan pelanggan elektronik merupakan solusi potensial bagi dunia usaha, termasuk dunia pariwisata. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh kualitas layanan yang diberikan oleh e-CRM terhadap pariwisata dunia. Studi kasus dari penelitian ini adalah membahas website e-CRM Wonderful Indonesia, yang dibuat oleh Kementerian Pariwisata Indonesia. Hasil yang kami harapkan dari penelitian ini adalah pengaruh kualitas layanan yang diberikan oleh e-CRM kepada pengunjung dan pesatnya perkembangan sektor pariwisata di Indonesia