Analisis Meningkatkan Kinerja Dosen Menggunakan Knowledge Management System
Abstract
Untuk meningkatkan kinerja dosen dan daya saing, STMIK STIKOM Bali membutuhkan pengetahuan individu dan organisasi. Dalam rangka untuk berbagi pengetahuan individu dalam organisasi, pengetahuan dapat ditransfer dengan menggunakan strategi Sistem Manajemen Pengetahuan dengan mudah. Knowledge Management System (KMS) adalah sistem pengelolaan pengetahuan dalam suatu organisasi, yang mendukung penciptaan, menangkap, dan menyimpan dan berbagi bentuk keterampilan dalam bentuk informasi. Penelitian ini bertujuan untuk membangun, mengembangkan strategi KMS untuk kinerja dosen. Indikator yang digunakan pada penelitian ini adalah pendidikan formal, jabatan akademik, pengalaman mengajar dikelas, penelitian, pelatihan/karya ilmiah, sertifikasi keilmuan, pengabdian masyarakat, pengajaran. Model konseptual knowledge management system dievaluasi berdasarkan data yang diterima dari survei. Kuesioner dibagikan kepada dosen dalam tiga Program Studi. Hasil dari penelitian ini yaitu model yang digunakan untuk membangun KMS sudah sesuaidari hasil kuesioner