Penilaian Essai Menggunakan Rubrik Penilaian
Abstract
Setiap proses pembelajaran memerlukan suatu evaluasi penilaian untuk mengukur kemampuan peserta didik, yaitu berupa tes atau ujian. Penilaian dengan tes essai tetap menjadi pilihan dosen/pengajar dalam mengevaluasi tingkat kemampuan dari peserta didik, walaupun kenyataannya tidak mudah karena teknik evaluasi yang masih diterapkan oleh dosen/pengajar pada saat ini adalah teknik evaluasi manual. Teknik evaluasi ini dilakukan dengan cara memberi sejumlah soal tertulis kepada peserta didik. Kemudian peserta didik menjawab soal pada lembar jawaban yang sudah disiapkan sebelumnya. Selain itu, dosen/pengajar juga harus memeriksa jawaban dari peserta didik tersebut secara manual. Teknik evaluasi tersebut tidak efektif dari segi waktu dan kinerja karena dibutuhkan waktu yang lama oleh dosen untuk melakukan pemeriksaan lembar jawaban dari setiap peserta didik. Selain itu, terjadi pemborosan kertas yang digunakan sebagai lembar jawaban oleh mahasiswa. Sedangkan dari segi penilaian yang diberikan oleh dosen/pengajar terhadap jawaban mahasiswa biasanya masih bersifat kurang objektif karena mengikutsertakan subjektivitas. Kekurangan penilaian tes essai di atas dapat diatasi dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan komputasi, yaitu sistem penilaian essai dengan rubrik penilaian dapat memberikan alternatif cara penilaian untuk dapat mempercepat proses penilaian jawaban ujian essai.