Analisis Budaya Organisasi Menggunakan Model OCAI (Organizational Culture Assessment Instrument) pada Universitas XYZ
Abstract
Budaya organisasi dapat didefinisikan sebagai sebuah kesatuan dari orang-orang yang memiliki tujuan, keyakinan, dan nilai yang sama. Pada dasarnya setiap organisasi menginginkan terciptanya visi dan misi yang membudaya pada setiap anggota organisasinya. Salah satu cara untuk menggambarkan budaya organisasi adalah dengan menggunakan OCAI. Penelitian ini memberikan gambaran budaya UNHI saat ini serta budaya UNHI yang diharapkan perusahaan sehingga mampu menjadi bahan pertimbangan perumusan budaya yang sesuai dalam pencapaian tujuan, visi dan misi UNHI. Budaya organisasi menurut OCAI terbagi atas 4 dimensi yaitu Kultur Klan, Kultur Adhokrasi, Kultur Market dan Kultur Hierarki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pimpinan merasakan budaya organisasi saat ini adalah Hierarki dan budaya yang diinginkan adalah Clan, 2) Kepala Bagian, Kepala Lab maupun Ketua Program Studi merasakan budaya organisasi saat ini adalah Market dan budaya yang diinginkan adalah Clan, 3) Pegawai merasakan budaya organisasi saat ini adalah Hierarki dan budaya yang diinginkan adalah Clan.